0321 876771

Mata Kuliah Alternatif (MKA) Tahun 20151

By: Admin | Posted on: 2015-09-27 | Kunjungan : 1355

Mata Kuliah Keterampilan Alternatif (MKA) UNIPDU 2015

 

Download Lampiran File Lengkap  

 

PENGANTAR:

 

MKA atau Mata Kuliah Keterampilan Alternatif merupakan beberapa mata kuliah pilihan yang di tawarkan oleh fakultas-fakultas di Unipdu yang ditujukan untuk mahasiswa semester 7 dengan total 12 sks.

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa akan keterampilan-keterampilan aplikatif yang dapat menambah kemampuan mahasiswa dalam membekali diri sehingga mampu mandiri atau mampu menciptakan lapangan kerja baru pada saat lulus dan siap terjun di masyarakat.

Mata Kuliah Keterampilan Alternatif ini di kelola oleh masing-masing fakultas yang ada di Unipdu. Untuk mahasiswa bisa memprogram MKA ini sesuai dengan minat masing-masing mahasiswa, sehingga mahasiswa diperbolehkan memprogram MKA lintas/diluar Fakultas. Ada 9 MKA yang di tawarkan oleh masing-masing fakultas di Unipdu.

 

1.      Fakultas Ilmu Kesehatan

a)      Nama MKA

“Terapi Komplementer (Akupunktur)”

b)     Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah akupuntur  mahasiswa mampu menerapkan terapi alternatif untuk memberi layanan keperawatan/ kesehatan di masyarakat.

 

2.      Fakultas Ilmu Administrasi

1)       a) Nama MKA

“Bisnis Modern”

b) Capaian Pembelajaran

Setelah  mengikuti  MKA  bisnis  modern  ini, mahasiswa  diharapkan  mampu  berinvestasi di  pasar  modal  sebagai  sarana berinvestasi yang cukup menjanjikan di era ekonomi saat ini.

 

2)      a) Nama MKA

“Bisnis Inovatif (Fotografi)”

b) Capaian Pembelajaran

Setela perkuliahan   MK bisni inovatif  fotografi ini, mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan seluruh aspek teknis fotografi serta menuangkan ide- ide kreatif ke dalam hasil foto akhir yang mengesankan.

 

3)      a) Nama MKA

“Pendidikan Kepribadian

b) Capaian Pembelajaran

Setela perkuliahan   MKA pendidikan kepribadian ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pribadinya menjadi pribadi yang potensial secara karakter, kompetensi dan memiliki kemampuan bisnis dan talenta yang memadai.

 

3.      Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

1.      a)    Nama MKA

“Analisis Data Penelitian”

 

b)    Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti MKA analisis data penelitian ini, diharapkan mahasiswa mampu menerapkan konsep desain riset dan memiliki kompetensi dalam  hal analisis data penelitian, misalnya sebagai peneliti, riset analisis, konsultan penelitian, hingga staf ahli produksi dan pemasaran.

2.      a)    Nama MKA

“Finger Math Skill (Jarimatika)”

b)    Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti MKA finger Math Skill, mahasiswa diharapkan mampu memahami dan mengaplikasikan konsep jarimatika. Dengan   demikian, mahasiswa mamp memilik keterampilan   jarimatika dan dapat bergabung sebagai tenaga pengajar di  lembaga  bimbingan  belajar  atau  bahkan membuka kursus jarimatika mandiri.

 

4.      Fakultas Bahasa dan Sastra

a)      Nama MKA

“Bisnis Profesional”

b)     Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah MKA bisnis profesional ini bertujuan untuk memberikan bekal kompetensi kepada mahasiswa,  antara  lain  kompetensi sebagai penerjemah, kompetensi mengolah limbah secra kreatif dan tepat guna, serta kompetensi manajemen jasa pendidikan.

 

5.      Fakultas Agama Islam

a)      Nama MKA

“Public Speaking”

b)     Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti MKA public Speaking ini, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan bahasa  dan  sikap  yang  tepat  dalam  public speaking, terampil  menjadi  pembawa  acara profesional, dan menjadi penceramah professional.

 

6.      Fakultas Teknik

a)      Nama MKA

“Seritifikasi Profesi

b)     Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah MKA Sertifikasi Profesi mahasiswa mamp memiliki kompetensi sertifikasi profesi  yang  meliputi pengoperasian  semua  fitur  microsoft  word, microsoft excel, dan microsoft power point.