0321 876771

Lomba Karya Tulis Ilmiah 2017 se-Jawa timur

By: Admin | Posted on: 2017-03-06 | Kunjungan : 796

 

KETENTUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI)
SE-JAWA TIMUR BEM FIK UNIPDU JOMBANG 2017

  • DEFINISI

Lomba Karya Tulis Ilmiah merupakan wadah yang kami selenggarakan untuk menampung kreativitas menulis para siswa atas dasar pemikiran tentang permasalahan kesehatan di masa mendatang dan pemecahan masalahnya.

  • TEMA

Salah satu faktor yang memengaruhi kesejahteraan masyarakat adalah kualitas kesehatan. Dewasa ini perkembangan pendidikan kesehatan di Indonesia mengalami peningkatan, namun pada faktanya kualitas kesehatan masyarakat masih belum optimal.

Kebutuhan masyarakat akan pemenuhan kesehatan yang optimal sangat diperlukan dengan ditinjau oleh lingkungan yang sehat , gaya hidup dari individu yang sehat , dan kerjasama antar institusi guna menuju kehidupan yang bersih dan sehat.

Bagaimanakah  langkah pembangunan kesehatan bangsa guna tercapainya kesehatan yang optimal di masa mendatang ?

  1. KETENTUAN DAN PERSYARATAN PESERTA
  1. Peserta merupakan siswa/siswi aktif SMA/MA negeri dan swasta di Jawa Timur (dibuktikan dengan Kartu Tanda Pelajar dan raport berjalan).
  2. Setiap sekolah maksimal mengirimkan 3 tim
  3. Peserta merupakan tim yang terdiri dari maksimal 3 orang anggota tim.
  4. Salah satu peserta tim dapat menjadi Ketua tim pada satu tim saja.
  5.  Peserta hanya diperkenankan mengirim satu judul karya tulis pada satu tim saja.
  6. Karya yang dikirim merupakan naskah yang dibuat sendiri atau tidak melakukan plagiatdibuktikan dengan lembar orisinalitas yang dapat diunduh di web www.unipdu.ac.id
  7. Karya yang diajukan belum pernah menjadi pemenang di perlombaan manapun dan tidakdalam proses perlombaan lain, serta tidak pernah dipublikasikan dimanapun.
  8. Peserta sanggup mengikuti ketentuan yang ada dalam Pedoman Umum LKTI BEM FIK 2017.
  9.  Peserta telah mendaftarkan diri dengan mengunduh formulir pendaftaran di
    www.unipdu.ac.iddan mengirimkan kembali formulir ke emailbem.fik.16@gmail.com
  10. Apabila ada kecurangan yang ditemukan panitia, baik sebelum, selama, ataupun setelah kompetisi berlangsung, maka peserta yang bersangkutan dinyatakan gugur.
  11.  Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

 

TAHAPAN PELAKSANAAN

Pendaftaran peserta          : 20 Maret 2017 s.d 16 April 2017
Penerimaan karya            : 20 Maret 2017 s.d 16 April 2017
Penilaian karya                : 17 April 2017  s.d 19  April 2017
Pengumuman finalis         : 21 April 2017
Presentasi karya                : 23 April 2017

MEKANISME PELAKSANAAN

  • Proses Pendaftaran
  1. Peserta mendaftarkan tim masing-masing dengan cara mengisi formulir
    pendaftaran yang dapat diunduh di website www.unipdu.ac.id
  2.  Masa pendaftaran dimulai dari tanggal 20 Maret 2017 s.d 16April 2017.
  3. Peserta melakukan pengisian formulir sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  4. Peserta wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.85.000,-.
  5. Peserta melakukan konfirmasi pembayaran via whats app 085791045628 An Ikhwan Hamid.
  6. Peserta mengirim formulir yang telah terisi ke email
    bem.fik.16@gmail.com.
  7.  Setelah mengirimkan email registrasi peserta, dalam kurun waktu 2×24
    jam peserta akan mendapatkan email balasan yang membuktikan bahwa
    peserta telah terdaftar dalam kegiatan ini.
  8. Jika peserta tidak mendapatkan email balasan selama lebih dari 2×24 jam,
    maka peserta dinyatakan tidak terdaftar. Hal ini bisa dikarenakan oleh
    kesalahan pengiriman berkas atau telah terpenuhinya slot peserta masing-masing lomba. Apabila terjadi hal demikian, peserta diharapkan segera
    menghubungi pihak panitia untuk proses selanjutnya

 

  • Proses pengiriman karya tulis
  1. Karya dikirim dalam bentuk softcopy dengan format .doc dan .pdf  melalui :
    Email : bem.fik.16@gmail.com.
    Subjek email :LKTI_BEMFIK_AsalSekolah_NamaKetuaTim
    (contoh: LKTI_BEMFIK_SMA Darul ‘Ulum 1_Agung Riski)
  2. Masa pengiriman karya dimulai dari tanggal 20 Maret 2017 – 16 April 2017.
    Paling lambat diterima panitia 16 April 2017 pukul. 23.59 WIB.
  3. Pengiriman karya disertai dengan dokumen berikut :
  1. Scan Kartu Tanda Pengenal Mahasiswa setiap anggota tim peserta masingmasing 1 buah.
  2. Pas foto (4x6) masing-masing anggota dengan format .jpg/.jpeg.
  3.  Formulir yang telah diisi dengan lengkap.
  4. Scan lembar orsinalitas
  5. Scan struk bukti transfer pembayaran pendaftaran
  6. Semua file dicompress ke dalam satu file .rar atau .zip dengan format:
    LKTI_BEMFIK_AsalSekolah_NamaKetuaTim
    Karya yang dikirim ialah karya asli yang dibuat oleh tim peserta yang terdaftar
    (dibuktikan dengan lembar orisinalitas bermaterai) dan karya tersebut belum
    pernah dipublikasikan dimanapun.
  • Proses seleksi karya

Proses seleksi karya dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap kualifikasi dan tahap final.
·Tahap Kualifikasi

  1. Proses seleksi terdiri dari seleksi kelengkapan administrasi dan penilaian karya
    tulis.
  2. Dewan juri yang melakukan seleksi berasal dari akademisi dan praktisi yang
    relavan.
  3. Pengumuman 10 tim terpilih LKTI akan disampaikan pada tanggal, 17
    April 2017 melalui telepon, email dan dipublikasikan di www.unipdu.ac.id
  4. 10 tim terpilih wajib membayar registrasi sebesar Rp.50.000,-
    per tim untuk melaju ke sesi presentasi.
  5. 10 finalis yang telah melakukan pembayaran registrasi wajib melakukan
    konfirmasi pembayaran via whats app 085791045628 An Ikhwan Hamid.
  • Tahap Final
  1. Finalis yang telah melakukan pembayaran registrasi wajib mempresentasikan
    karyanya di hadapan juri.
  2. Presentasi, pengumuman dan penyerahan hadiah LKTI akan dilaksanakan
    pada Minggu, 23April 2017.
  3. Pemenang ialah finalis yang memiliki nilai kumulatif dari bobot penilaian
    dalam penjurian ialah 50% dalam penilaian karya tulis dan 50% dalam
    presentasi.
  4.  Panitia tidak menerima segala bentuk kecurangan yang berakibat pada
    pengurangan nilai, diskualifikasi maupun pembatalan juara lomba setelah
    ditetapkan.
  5. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat serta bersifat mutlak dan
    mengikat.
  1. KETENTUAN PENULISAN
  • Persyaratan Penulisan
  1. Isi naskah mulai dari pendahuluan sampai dengan kesimpulan dan saran, ditulis
    minimal 20 dan maksimal 30 halaman.
  2. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat
    mengurangi penilaian.
  3. Karya tulis yang dibuat harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan,
    mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll, sbb.
  4. Naskah diketik dengan menggunakan kertas A4 dengan format Times New Roman
    ukuran 12 dan spasi 1,5 dengan margin samping kiri, kanan, atas, dan bawah masingmasing 4cm, 3 cm, 3 cm, dan 3 cm. Before & after spacing 0 pt. Serta diketik dengan alignment kanan-kiri (justify) dan kalimat di awal paragraf menjorok 1,25 cm.
  5. Karya yang dikumpulkan berkesinambungan dengan tema yang diangkat
  • Sistematika Penulisan
  1. Bagian Awal

1. Halaman Judul

  • Judul diketik dengan huruf besar, ekspresif, sesuai, dan tepat dengan masalah
    yang ditulis, serta tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
  •  Nama penulis dan nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas.
  •  Nama sekolah ditulis dengan jelas.
  •  Tahun penulisan.
  1. Halaman Pengesahan (Format terlampir).
  2.  Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
    Berupa daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftartabel, dan daftar lampiran.
  4.  Abstrak
    Disusun maksimal 500 kata yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis,
    mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode
    penulisan, pembahasan, kesimpulan dengan kata kunci.
  1. Bagian Inti
  1. Pendahuluan
    Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:
  • Latar belakang
  • Perumusan masalah
  •  Tujuan dan manfaat

 2. Tinjauan Pustaka

  • Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevandengan masalah yang dikaji.
  • Uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji.
  • Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.
  1.  Metode Penulisan
    Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secaracermat cara/prosedur pengumpulan data dan atau informasi, pengolahan atauinformasi, analisis-sintesis, mengambil simpulan, serta merumuskan saran ataurekomendasi.
  2.  Pembahasan
    Analisis permasalahan didasarkan pada data dan atau informasi serta telaah
    pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasanyang kreatif.
  3. Penutup
  • Kesimpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan menjawab
    tujuan.
  • Saran disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan danadopsi ide yang diusulkan

 

  1. Bagian Akhir
  • Daftar Pustaka menggunakan Sistem Harvard.
  •  Daftar Riwayat Hidup peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan
    tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat,penghargaanpenghargaan ilmiah yang pernah diraih.
  •  Lampiran.

​TATA TERTIB LOMBA

  1. Pada saat acara, peserta finalis diwajibkan menggunakan pakaian rapi, jas almamater,dan sepatu.
  2. Peserta akan tampil dan mempresentasikan karya tulisnya di hadapan 3 (tiga) dewan juri.Waktu presentasi masing-masing peserta adalah 20 menit dengan alokasi waktu :
  3. Presentasi Karya Tulis maksimum 10 menit.
  4.  Tanya jawab dengan Dewan Juri maksimum 10 menit.
  5. Peserta wajib hadir di ruang presentasi 15 menit sebelum final dimulai. Jika dalam waktu5 menit peserta yang di panggil tidak tampil ke depan, maka peserta yangbersangkutandinyatakan gugur.
  6.  Panitia menyediakan LCD proyektor, laptop, layar, dan papan tulis untuk digunakan pada saat presentasi.

 

KETENTUAN PENILAIAN

Kriteria penilaian Lomba Karya Tulis Ilmiah Se-Jawa Timur BEM FIK 2017 yaitu sebagai berikut :

  1. Penilaian terdiri dari dua aspek:
    a. Naskah karya tulis (seleksi tahap pertama)
    b. Presentasi karya tulis (bagi yang lolos ke tahap presentasi)
  2.  Naskah yang telah diterima sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan akan
    diseleksi dan ditetapkan 10 karya tulis terbaik.
  3.  Pengumuman untuk peserta yang lolos ke tahap presentasi dapat dilihat di website
  4. , juga via telepon.

4.  Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

5. Segala bentuk kecurangan, plagiat dan sejenisnya dapat mengakibatkan peserta
didiskualifikasi.

 

Untuk lebih jelas mengenai lomba dan form silahkan dibaca pada file KETENTUAN LOMBA dan FORM.