0321 876771

Unipdu Tingkatkan Kualitas Dosen melalui Penelitian Tingkat Nasional

By: Admin | Posted on: 2013-06-27 | Kunjungan : 1086

 

Jombang – Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum (Unipdu) Peterongan Jombang terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dosennya, baik dalam pendidikan dan pengajaran, penelitian maupun pengabdian masyarakat. Hal ini terbukti dari didapatkannya dana hibah penelitian tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Ditjen DIKTI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 untuk 12 dosen Unipdu.

Yahya Ashari, ketua LPP Unipdu mengatakan bahwa 12 dosen tersebut sebelum berkompetisi ditingkat nasional telah disaring dan diseleksi di tingkat internal. Sehingga yang

Dikirim ke tingkat nasional memang benar-benar penelitian yang berbobot.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Rektor Bid. Akademik Unipdu, Drs. KH. M. Zaimuddin W. As’ad, MS bahwa guna meningkatkan kualitas dosen, Unipdu juga menyelenggarakan kompetisi internal di bidang penelitian dengan memberikan dana hibah, hingga saat ini tidak kurang dari 22 penelitian dosen telah di danai oleh Unipdu tiap tahunnya.

Rektor Unipdu, Prof. Dr. H. Ahmad Zahro, MA mengatakan bahwa melalui penggalakan penelitian dan publikasi ilmiah, secara langsung Unipdu memberikan manfaat bagi masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan. Dengan semakin meningkatnya jumlah dosen penerima dana hibah penelitian baik internal maupun nasional tersebut, terbukti bahwa dosen Unipdu semakin berkualitas.

Salah satu dosen Unipdu penerima hibah penelitian, Zainal Muttaqin, M.Kom mengatakan tahun ini pihaknya mendapatkan hibah penelitian sebanyak 3 (tiga) kali di tingkat Nasional dan Internal, Zainal menambahkan bahwa upaya yang dilakukan Unipdu dalam bentuk seminar dan pelatihan sangat berpengaruh positif dalam meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan dosen Unipdu.

Pada tahun 2013 ini,secara berkala Unipdu menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk peningkatan mutu dosen, diantaranya Workshop Penyusunan Buku Ajar (Januari 2013), Seminar Mobile Learning (Pebruari 2013), Workshop Kompetisi Penelitian (April 2013), Pelatihan PEKERTI dan Applied Aproach (Mei 2013), dan pada Juni-Juli 2013 Unipdu menyelenggarakan kompetisi hibah penelitian internal untuk 22 dosen. “Insya Allah pada bulan Agustus dan September 2013, Unipdu juga akan menyelenggarakan Workshop Lab-based Education dan Workshop Penyusunan Buku Ajar Tahap 2” lanjut Zainal.

Foto: Dosen Unipdu bersama dosen LPTNU se-Jatim saat workshop Jurnal Ilmiah di Unipdu