0321 876771

UNIPDU terakreditasi B

By: Admin | Posted on: 2015-04-30 | Kunjungan : 3147

Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) secara institusi telah memperoleh Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan SK No. 213/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015. Akreditasi ini diikuti UNIPDU sebagai wujud ketaatan kepada peraturan perundang-undangan RI. Undang-undang yang mengatur kewajiban ini adalah:

 

  • UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 61 ayat (2) yang menyatakan bahwa ijazah diberikan kepada peserta didik sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan/atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan setelah lulus ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang terakreditasi.

 

Yang kemudian diperkuat melalui

 

  • Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, pada pasal 28 ayat 3 butir a disebutkan bahwa gelar akademik dan gelar vokasi dinyatakan tidak sah dan dicabut oleh menteri apabila dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi yang tidak Terakreditasi.

 

Dengan telah terkakreditasinya institusi menunjukan bahwa kegiatan pedidikan di UNIPDU baik pengajaran, pengabdian dan penelitian dinilai secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan telah memiliki akuntabilitas kepada publik dengan baik.

 

Hasil akreditasi ini disambut dengan gembira oleh segenap civitas akademik UNIPDU. Para loyalis ini merasa bersyukur bahwa pemerintah dan masyarakat telah mengakui kerja kerasnya selama ini. Beberapa dosen seperti Masruroh Hasyim S.Kep M.Kes dan Pujiani Muzaiyin S. Kep M.Kes mengungah status Facebook mereka dengan ucapan selamat bahkan Siti Mutrofin S.Kom. M.Kom, Erliyah Nurul Jannah S.Kom., M.Sc dan Dwi Nurchayani SS mengganti profile picture Facebook mereka. Status dan profile mereka kemudian mendapat respon yang baik dari sejawatnya di perguruan tinggi lain.

 

Respon positive juga di ucapkan oleh Achmad Rosyid salah satu aktivis mahasiswa berprestasi dari fakultas teknik ?melalui akun FB-nya ia langsung mengaku bangga dan merasa UNIPDU memang telah banyak berbuat yang terbaik bagi para mahasiswanya yang langsung di-amini olah teman-temannya sesama aktivis. Demikian juga dengan alumni Ahmad Zainal Muttaqin S.Kom. M.Ikom yang kini berkarier di bagian humas Pemprov Jatim menyatakan kebahagiaannya dan bersyukur pernah mendapat ilmu yang barokah dari almamaternya.

 

Prestasi ini juga berarti bahwa UNIPDU memiliki kualitas yang sejajar dengan beberapa PTN menengah di Jawa Timur. Dekan FT Yosi Agustiawan ST. MMT mengutip sumber dari BAN-PT, Kopertis VII dan Pendis menyatakan bahwa dari 420 PTN/PTS di Jawa Timur baru 50 atau 11% institusi yang terakreditasi. Lebih lanjut data menyatakan bahwa dari 50 institusi tersebut yang memiliki akreditas A hanya 16% (6PTN, 2PTS), B 30% (3PTN,12PTS) dan selebihnya atau 54% adalah C (27 PTS).

 Rektor UNIPDU Prof. Ahmad Zahro menegaskan?hasil yang dicapai saat ini adalah prestasi?dan kerja keras semua pihak untuk memajukan UNIPDU.?Prestasi ini, kami dedikasikan untuk pendiri kampus ini almagfurlah KH Asad Umar dan orang-orang yang telah mewakafkan dirinya, waktu, tenaga, dan sebahagian hartanya untuk pembangunan UNIPDU. "Akreditasi institusi dapat menjadi landasan yang kuat bagi perguruan tinggi Pesantren ini untuk berkomitmen menjadi kampus yang terus berkembang menuju Universitas Islam berstandard internasional". ungkapnya lebih lanjut.

Syukur Alhamdulilah dan ucapan terima kasih kepada segenap loyalis UNIPDU baik dosen, karyawan, mahasiswa, alumni, mitra UNIPDU dan juga masyarakat kota Jombang disampaikan oleh ketua Yayasan Pesantren Tinggi Darul Ulum KH Zaimuddin Wijaya MS. Apresiasi secara khusus disampaikan kepada Tim Akreditasi UNIPDU yang telah bekerja keras untuk menyiapkan segala sesuatu dengan secara maksimal.