0321 876771

UNIPDU Jombang Semakin Membanggakan

By: Admin | Posted on: 2015-04-30 | Kunjungan : 1327

   

Jombang - Kondisi pendidikan tinggi di Indonesia saat ini memang masih diragukan kualitasnya, sebab sebagian besar Perguruan Tinggi (PT) masih belum menyandang status terakreditasi. Kondisi ini dipicu oleh semakin banyaknya jumlah perguruan tinggi baik berbentuk Sekolah Tinggi, Akademi maupun Universitas. Di Jawa Timur saja tercatat tidak kurang dari 420 PT, yang terdiri dari 9 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 411 Perguruan Tinggi Swasta (PTS).


Berdasarkan data Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dari 420 PT di Jawa Timur tersebut baru 50 PT yang telah melakukan Akreditasi Institusi dan yang mendapatkan predikat Terakreditasi A hanya 8 PT, Terakreditasi B sejumlah 15 PT dan sisanya Terakreditasi C. "PT yang terakreditasi A dan B ini di dominasi oleh PTN, sehingga dapat dikatakan bahwa PTS yang terakreditasi A atau B kualitasnya sejajar dengan PTN" tegas Ali Murtadho, Dosen sekaligus Analis Data di sebuah PTS di Jawa Timur.


Salah satu PTS di Jawa Timur yang terakreditasi B adalah Universitas Pesantren Tinggi Darul ?Ulum (Unipdu) Jombang. "PT lain yang mendapat Akreditasi B adalah Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Surabaya (Ubaya), Universitas Islam Malang (Unisma), Universitas Trunojoyo Madura dan UPN Veteran Surabaya" Jelas Wakil Rektor Unipdu, Dr. H. M. Zulfikar As?ad, M.MR (Gus Ufik). Gus Ufik menambahkan bahwa Akreditasi B yang didapatkan oleh Unipdu merupakan bukti komitmen Unipdu untuk terus meningkatkan kualitas sebagai perguruan tinggi, baik kualitas Akademik, Kemahasiswaan maupun prasarana dan sarana.


Melalui SK BAN-PT nomor 213/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015 tanggal 10 April 2015, Unipdu dikukuhkan sebagai Perguruan Tinggi dengan Akreditasi B. Saat ini, Unipdu menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang terakreditasi B di wilayah Nganjuk-Jombang-Mojokerto dan sekitarnya. Rektor Unipdu, Prof. Dr. H. Ahmad Zahro, MA mengatakan bahwa sudah tidak jamannya lagi kuliah harus di PT Negeri, saat ini PT Swasta kualitasnya sudah sejajar dengan PT Negeri. ?Unipdu sangat siap untuk mengembangkan mahasiswa, Unipdu tidak hanya membekali mahasiswa dengan intelektualitas, namun juga mengutamakan akhlaqul karimah agar mereka menjadi pilihan terbaik dari yang baik di lingkungan kerjanya nanti".


Ucapan selamat dan rasa bangga datang dari berbagai pihak, salah satunya dari Dosen Unipdu yang saat ini sedang studi di Australia, Yosi Agustiawan. Melalui akun Facebooknya, Yosi mengucapkan selamat atas pencapaian Unipdu. "Meskipun baru berusia 14 tahun, Unipdu sudah mampu menunjukkan prestasinya, saya yakin tidak lama lagi Unipdu bisa meraih Akreditasi A". Tidak ketinggalan Alumni Unipdu yang saat ini bekerja sebagai staf Gubernur Jawa Timur, Zainal Muttaqin juga mengungkapkan "sebagai alumni saya sangat bangga, saya mendapatkan banyak hal dari Unipdu, tidak hanya materi kuliah yang saya dapatkan, pembelajaran etika dan attitude khas pesantren menjadi bekal berharga untuk saya bisa eksis di tempat kerja saya saat ini".


Kabar gembira dari Unipdu ini tentu juga menjadi angin segar bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA yang baru saja menyelesaikan UN, khususwa bagi mereka yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Saat ini Unipdu dengan kualitas yang sejajar dengan PTN dapat menjadi pilihan utama sebagai tujuan melanjutkan pendidikan. "Saya bangga Unipdu, mari bergabung dengan Unipdu" tegas Achmad Rosyid, mahasiswa FT Unipdu. (DA)