0321 876771

Tahap Penyaringan Kandidat JENESYS Unipdu 2017

By: Admin | Posted on: 2016-11-22 | Kunjungan : 139

Bulan Oktober hingga awal 2017 adalah merupakan sebuah keberkahan sendiri bagi kampus yang terletak di barat Jombang ini. Kampus Unipdu akan mengutus delegasi menjadi salah satu peserta JENESYS 2017 ke negeri Samurai. Dari berbagai macam peserta yang telah mendaftarkan diri, akhirnya mereka berakhir pada seleksi tahap 1 yakni pemberkasan.

Pusat Studi Asean sebagai tim penyaring melihat secara detail dan objektif berkas yang telah mereka kirim. Mulai dari surat rekomendasi dari kaprodi begitu juga dekan. Lalu surat pernyataan yang sah yang menyatakan mereka tinggal diasrama, berbagai sertifikat penunjang yang telah mereka terima dan TOEFL score yang mereka raih jika ada.

Salah satunya yang juga penting adalah berkenaan dengan kemampuan menulis. Setiap kandidat diharuskan menulis esai dari tema yang diangkat. Terdapat dua pertanyaan mendasar, yakni 1. Mengapa Anda ingin berpartisipasi dalam program JENESYS 2017? 2. Bagaimana partisipasi Anda dalam program JENESYS 2017 yang akan memberikan kontribusi untuk tujuan karir Anda saat ini atau di masa depan? Harap mendukung esai Anda dengan contoh.

Secara singkat, padat dan objektif akhirnya tim PSA memutuskan tiga kandidat dari tujuh kandidat yang lolos dalam proses pemberkasan untuk melanjutkan seleksi tahap 2. Mereka yang telah melewati tahap seleksi akhir Ayu Nur Azizah, Indah Rosidah dan Maziyyatus Sholihah yang semuanya merupakan dari Fakultas Bahasa dan Sastra.

Proses penyisihan selanjutnya dilakukan bersama Tim PSA yaitu Gus Hans (yang merupakan direktur PSA), Gus Sadat (Ketua Bidang Program dan Kegiatan PSA) beserta  koordinator penyeleksian program JENESYS, Novi. Topik wawancara yang diberikan diantaranya 1. seputar perekonomian dan Sosial budaya Jepang, 2. Kepemilikan nyata hasil dari berwirausaha, 3. Kemampuan berbahasa Inggris dengan lancar, baik spoken maupun in written. Sebelum masuk dalam sesi interview bersama Tim PSA, mereka juga menjalani tes mengaji Al-Qur’an yang diuji secara langsung oleh Direktur Pusat Studi al-Qur’an, Dra. Hj. Umy Hasunah, M. Thi. Sehingga dengan demikian, kandidat yang terpilih merupakan yang benar-benar dapat mewakili karakter mahasiswa Unipdu yang baik dalam mengaji Al-Qur’an dan berkompeten di bidang sesuai tema besar JENESYS. Semua proses penyaringan tersebut digunakan untuk menjadi acuan dalam memutuskan kandidat yang akan berangkat ke Jepang nantinya.