0321 876771

SUJIWO TEJO BEDAH BUKU SERAT TRIPAMA DI UNIPDU

By: Admin | Posted on: 2016-09-27 | Kunjungan : 445

Dalam rangka Pekan Bahasa dan Budaya 2016, Fakultas Bahasa dan Sastra Unipdu Jombang bekerjasama dengan Perpustakaan Unipdu dan penerbit Bentang Jogjakarta mengadakan Dialog budaya dan Musikalisasi Serat Tripama: Gugur Cinta di Maespati karya Sujiwo Tejo (Minggu, 25 September 2016). Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan, SDM dan Umum, Dr. H. Dzulfikar As’ad, M.MR., yang bertempat di Auditorium Unipdu.  Kegiatan ini berlangsung meriah dan dihadiri kurang lebih 300 peserta yang datang dari berbagai kalangan.

Dialog budaya yang dipandu oleh Abd. Rikza dengan pembicara  Sujiwo Tejo ini berhasil memikat perhatian para hadirin. Karena selain bisa berdialog langsung dengan budayawan Nasional, para hadirin juga disuguhi penampilan musik kelas tinggi dari Sujiwo Tejo dan grup musik Tsuroyya Unipdu.

Adà beberapa lagu yang ditampilkan termasuk satu lagu yang mendapatkan MTV award yang berjudul 'Titi Kala Mangsa.' Tak mau ketinggalan, Rektor Unipdu, turut Serta menyumbangkan suara emasnya berduet dengan Sujiwo Tejo menyanyikan lagu yang berjudul 'Renungkanlah.'

Selàin mengupas habis isi buku Serat Tripama,  Sujiwo Tejo juga memaparkan tentang musikalisasi Al Qur'an. Baginya Al Qur'an adalah sumber inspirasi bermusik yang tiada batas. Banyak karya Sujiwo Tejo yang terinspirasi oleh kandungan ayat-ayat Al Quran maupun nada-nada bacaan Al Quran yang kemudian diadaptasi dengan langgam Jawa.

Turut hadir pada acara tersebut Drs. H. Zaimuddin W. As’ad, MS., selaku Ketua Yayasan Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum (Yapetidu), kali ini beliau berpenampilan sangat informal tidak seperti biasanya, yang didampingi beberapa pimpinan rektorat dan jajaran fakultas yang ada di lingkungan Unipdu (Fan/Elkaelan)