0321 876771

Solusi Spiritual, MKA Unggulan Unipdu Jombang

By: Admin | Posted on: 2013-12-19 | Kunjungan : 1941

Solusi Spiritual

 

            Mata Kuliah Ketrampilan Alternatif (MKA) adalah mata kuliah yang hanya ada di Unipdu Jombang. MKA adalah salah satu program Mata Kuliah Ketrampilan Alternatif yang diajukkan oleh rektor Unipdu sendiri yaitu Prof. Ahmad Zahro. Mata Kuliah ALternatif Solusi Spiritual, atau lebih dikenal dengan MKA SS, dibimbing oleh 3 dosen, yaitu Prof. DR. H. Ahmad Zahro, MA., Gus Ali, dan bu Ima.

 

MKA SS ini terbagi atas 2 kelas, yang pertama khusus bagi mahasiswa Unipdu sendiri dan yang kedua terbuka untuk umum. Banyak mahasiswa maupun masyarakat umum yang antusias dengan program ini, sehingga untuk masyarakat umum MKA SS dilaksanakan di masjid Al-Qadr di dekat kediaman Prof. DR. H. Ahmad Zahro, MA. “Banyak sekali yang mengikuti kegiatan ini bahkan di masjid itu sampai penuh, yang hadir bukan hanya masyarakat biasa banyak diantaranya para pejabat seperti Doktor, Hakim, dll juga ikut hadir”, ujar Prof. DR. H. Ahmad Zahro, MA. selaku rektor Unipdu. Sedangkan bagi mahasiswa Unipdu, MKA ini dilaksanakan secara rutin setiap hari Sabtu dan Ahad.

 

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa agar bisa mengikuti mata kuliah ini. Pertama, dia harus bisa membaca Al-Qur’an dengan baik. Kedua, tidak pernah berzina. Ketiga, sholatnya terjaga baik. Keempat, mau melepas laku yang bersimpangan dengan ajaran Rassullulloh S.A.W.

 

 

            MKA ini terbuka hanya dan khusus untuk orang ISLAM. Dalam MKA ini ada 3 tahap yang diajarkan, yaitu Bayani Spiritual (ayat-ayat yang berkaitan), Erfani Spiritual (dzikir), dan Laku Spiritual (praktik). “Harapannya ke depan para alumni Unipdu bisa membuka lapangan kerja sendiri, misalnya sebagai konsultan spiritual. Kalaupun belum bisa membuka lapangan kerja sendiri, minimal MKA ini bisa untuk memperbaiki diri,” ujar Prof. DR. H. Ahmad Zahro, MA. selaku rektor Unipdu.

(Santi Karina, KREANAS, FBS-Unipdu)