0321 876771

Sinergikan Ormawa Fakultas melalui FAI Collaboration

By: Admin | Posted on: 2016-05-23 | Kunjungan : 238

 

Unipdu Jombang, Fakultas Agama Islam merupakan salah satu fakultas dengan jumlah mahasiswa kurang lebih lima ratus orang. Hampir mencapai Satu per empat dari jumlah mahasiswa Unipdu secara keseluruhan. Pada Fakultas Agama Islam ini terdapat tiga prodi, yakni: Prodi Ahwal As-Syakhsiyyah (AS), Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Seiring dengan berkembangnya waktu dan bertambahnya SDM yang ingin berproses di organisasi kemahasiswaan, Ormawa FAI yang sebelumnya hanya terdiri dari DPM dan BEM Fakultas Agama Islam melakukan pemekaran wilayah organisasi kemahasiswaan. Hal itu dapat dilihat dari pendeklarasian HIMA Prodi AS, PGMI dan PAI secara serentak pada akhir bulan maret lalu  yang dilanjutkan dengan pelantikan bersama bagi pengurus HIMA se-Fakultas Agam Islam (29/04/16).

Sadar akan tanggungjawabnya yang semakin besar DPM dan BEM FAI mencoba merangkul semua ormawa yang ada di lingkungan FAI dengan mangagendakan rapat tertutup dengan seluruh ketua ormawa. Hingga, akhirnya disepakatilah untuk mengadakan FAI Collaboration dengan berbagai rentetan acara yang akan dilaksanakan.

Sampai sejauh ini, Pelaksanaan rentetan agenda FAI Collaboration sudah ada yang terlaksana. Seperti: Pelatihan Administrasi oleh DPM FAI dan Seminar Hukum Keluarga yang diadakan oleh HIMA AS. Namun walau begitu, bukan berarti agenda ini sudah usai, melainkan masih menyisakan beberapa agenda lain yang akan dilaksanakan, seperti: Seminar Pendidikan Nasional dengan pelaksana BEM FAI (15/05), Serasehan Keluarga Fakultas Agama Islam oleh DPM FAI, Seminar Smart  Mathematic dengan pelaksana HIMA PGMI (18/05) Bakti Sosial oleh HIMA PAI (21/05) dan akan ditutup dengan acara Safari Ramadhan pada bulan Agustus dengan penanggungjawab BEM FAI serta HIMA Prodi se FAI sebagai pelaksana bersama.

Menurut penuturan Arif Rahmat Maulana Akbar, Ketua DPM FAI, Rangkaian acara dari FAI Collaboration dilakukan secara bertahap selama tiga bulan. 2 kegiatan pembuka di bulan April, 5 kegiatan inti di bulai mei, dan 1 kegiatan paripurna di bulan Agustus.

Sedangkan menurut Saiful Islam selaku Gubernur BEM FAI, ia mengatakan bahwasanya agenda FAI Collaboration ini adalah sebuah permulaan. Sebab, setelah rangkaian acara ini dilakukan, ormawa FAI sudah harus sudah siap dengan agenda-agenda selanjutnya. Baik dalam penyambutan pada mahasiswa baru maupun untuk menyemarakkan perayaan hari lahir FAI.

“Semoga kita dapat mengemban amanah sebaik mungkin untuk kemajuan kampus kita tercinta, Unipdu”. Ungkapnya.