0321 876771

Seminar Santripreneur Bersama HIPSI

By: Admin | Posted on: 2013-02-24 | Kunjungan : 1253

alt

Jombang - Pesantren merupakan lembaga pendidikan berciri khas islam yang berbentuk komplek atau area khusus dalam sebuah lingkungan masyarakat. Banyak orang menganggap pesantren hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama islam saja, tanpa menghiraukan kehidupan ekonomi lulusannya, sehingga pesantren sering di cap hanya dapat memproduksi kemiskinan-kemiskinan baru. Menepis anggapan itu, Unipdu sebagai perguruan tinggi islam yang berada ditengah-tengah pesantren terus berusaha mewujudkan misinya menjadi Perguruan Tinggi Islam Berbasis Pesantren Berwawasan Kewirausahaan.

Sejalan dengan misi Unipdu tersebut, pada sabtu (23/02) lalu bersama Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) menyelenggarakan Seminar Motivasi Wirausaha Santri dengan tajuk Seminar Santripreneur. HIPSI merupakan organisasi yang didirikan oleh Robithoh Ma'ahid Islamiyyah Nahdlatul 'Ulama (RMI-NU) yang bergerak di bidang pengembangan usaha dan perekonomian. Ahmad Ghozali, pengurus HIPSI pusat, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal HIPSI dalam upaya mewujudkan 1000 wirausahawan baru dalam 1 (satu) tahun.

Gayung pun bersambut, Drs. KH. M. Zaimuddin W As'ad, MS, Wakil Rektor Bidang Akademik menyatakan akan menindaklanjuti seminar Santripreneur yang diselenggarakan HIPSI tersebut dengan mengadakan kerjasama antara Unipdu Jombang dengan HIPSI. Kerjasama tersebut, lanjut KH. Zaimuddin, bisa dalam bentuk pembinaan dan mentoring mahasiswa-mahasiswi Unipdu yang memang berminat menjadi seorang WIrausahawan.

Dalam 3 (tiga) tahun terakhir ini, Unipdu memang sedang gencar berupaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa, baik di bidang ilmu pengetahuan yang sedang ditempuh maupun bidang ketrampilan lain yang relevan. Unipdu juga telah menerapkan Mata Kuliah Ketrampilan Alternatif (MKA) yang memungkinkan mahasiswa untuk mengambil perkuliahan vikasional lintas program studi di Unipdu. 

Seminar Santripreneur ini juga dimeriahkan dengan penampilan Boyband DUL JONI asal Jakarta, mahasiswa dan peserta seminar tampak terhibur dan antusias mengikuti jalannya seminar. (DA)

alt

Foto Bersama Pengurus HIPSI Pusat, Boyband DUL JONI dan Pimpinan Unipdu (Photo By DA)