0321 876771

Seleksi Program JENESYS 2017

By: Admin | Posted on: 2016-11-22 | Kunjungan : 480

Bermula ketika tanggal 18 Januari 2013, saat kunjungan ke Indonesia Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe mengumumkan akan meneruskan “Japan East-Asia Network of Exchange

for Students and Youths (JENESYS)”. Hal ini adalah bukti sebagai suatu kebijakan penting dalam hubungan diplomatis kepada Indonesia. Jadi hingga saat ini Program JENESYS masih dilaksanakan dengan berbagai manfaatnya.  

Tahun 2017 pun Tim JENESYS pusat akan memberangkatkan kembali mahasiswa/mahsiswi terbaik menuju Negeri Matahari. Tema yang diusung kali ini adalah “Trade and Investment Promotion”, karena mengacu pada pemahaman terhadap perekonomian, sosial, sejarah dan budaya Jepang begitu juga Asia Pacifik. Kesempatan berharga ini juga diberikan kepada mahasiswa/mahasiswi Unipdu yang berprestasi. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini yang melakukan penyeleksian untuk mewakili Unipdu adalah mereka Tim dari Pusat Studi Asean (PSA) Unipdu. Sehingga yang akan diberangkatkan memang  yang benar-benar delegasi yang mencirikan nilai-nilai kepesantrenan, disamping kemampuan khusus yang sesuai dengan tema.

Persyaratan yang mereka harus ikuti adalah kandidat merupakan mahasiswa Unidpu aktif yang minimal berada di semester dua dari berbagai fakultas yang ada. Kemudian mahasiswa yang aktif di berbagai kegiatan internal maupun eksternal dibuktikan dengan sertifikat sebagai penunjang performa. Tak kalah pentingnya juga batasan umur mereka yang berkisar 18 (delapan belas) hingga 30 (tiga puluh) tahun. Lalu mereka juga dituntut memiliki pengetahuan dan pemahaman di bidang perekonomian dan masyarakat sosial Jepang secara menyeluruh.

Syarat tambahan yang mewajibkan mereka agar dapat terpilih menjadi kandidat JENESYS 2017 adalah mereka merupakan mahasantri yang tinggal dipondok pesantren Darul Ulum Jombang yang fasih membaca Al-Qur’an, disamping mereka juga pandai berbahasa Inggris dan kemampuan dasar dalam berbahasa Jepang. Banyak alasan memberikan persyaratan tersebut, yang begitu mendasar adalah karena kandidat yang terpilih nantinya akan merepresentasikan Unipdu. Harapan setelah mereka tiba disana mereka dapat menunujukkan eksistensi sebagai mahasiswa cerdas dan menonjolkan akhlakul karimah kepesantrenan sebagai mahasantri dari pondok pesantren Darul Ulum. (RAM)