0321 876771

Rakornas LKNU Berlangsung Meriah

By: Admin | Posted on: 2012-04-15 | Kunjungan : 1601

Jombang - Opening Ceremony Rapat Konsolidasi Nasional (Rakornas) Lembaga Kesehatan Nahdlatul 'Ulama' (LKNU) berlangsung meriah kemarin (13/4) siang. Selain Wagub Jawa Timur Saifullah Yusuf, sejumlah undangan dari unsur Muspida serta perwakilan pejabat luar daerah juga datang. Kegiatan perdana ini semakin semarak dengan hiburan tari saman Aceh.

Ratusan peserta utusan LKNU wilayah dan pengelola Rumah Sakit NU se-Indonesia tampak antusias mengikuti jalannya acara. "Ada 24 pimpinan dan perwakilan LKNU Wilayah yang hadir dalam pertemuan yang akan berlangsung hingga tiga hari ke depan" terang Ketua OC Rakornas LKNU Dr. H.M. Zulfikar As'ad, M.MR. Selain itu, sejumlah manajemen RSNU juga hadir untuk berbagi pengalaman dalam mengelola rumah sakit.

 

Dr. Zulfikar yang sekaligus sebagai Wakil Rektor Bidang SDM Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang yang akrab disapa Gus Ufik ini menambahkan, para peserta akan mengikuti berbagai forum untuk membahas masalah kesehatan dan pendidikan kesehatan NU. "Sehingga, LKNU sebagai lembaga yang mengurusi masalah kesehatan dapat mengambil peran yang lebih optimal dalam melayani kesehatan masyarakat," tegasnya.

 

Dalam sambutannya, Ketua Pengurus Pusat LKNU, Dr. dr. H. Imam Rasjidi, Sp.OG (K) Onk menyampaikan pujian kepada panitia yang telah maksimal menyiapkan acara. "Terobosan dan inovasi yang telah dilakukan LKNU Jawa Timur bisa menjadi model percontohan untuk LKNU wilayah yang lain. Terutama menyangkut penataan manajemen rumah sakit dan layanan kesehatan lainnya," terang imam. Ia menambahkan, saat ini ada 24 LKNU wilayah yang sudah eksis. Tahun depan, diharapkan bisa bertambah menjadi 33 LKNU Wilayah. "Ada banyak program yang bisa diadopsidan dikembangkan di wilayah. Kami di pengurus pusat akan terus mensupport program LKNU Wilayah," tambahnya.

Yang tak kalah penting, sejumlah program nasional juga sudah dilakukan. Mulai dari penataan organisasi hingga kerjasama memperluas akses. Tak hanya di dalam negeri, pihaknya juga gencar membangun jaringan ke luar negeri. "Selain untuk mendapatkan anggaran dana, jaringan yang kuat juga dapat meningkatkan SDM NU, khususnya dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Di sela-sela kegiatan Rakornas LKNU kali ini, peserta bisa menikmati LKNU Expo yang menyuguhkan pameran berbagai macam produk. Tak hanya produk kesehatan, sebagian stand pameran juga menawarkan produk khas Jombang, mulai dari oleh-oleh khas Jombang hingga makanan khas arab. "Kami sengaja mengundang warga NU yang memiliki usaha untuk menampilkan produknya di event ini" terang Abdullah Rikza, koordinator LKNU Expo. Sehingga para peserta dan masyarakat umum bisa mendapatkan produk asli Jombang dan produk lainnya. Beberapa produk yang terlihat di stand bazar seperti kerajinan boneka, keripik hingga batik khas Jombang. (DAZ/JP)