0321 876771

PRAMUKA BUKAN SEKEDAR TEPUK TANGAN

By: Admin | Posted on: 2016-10-22 | Kunjungan : 330

Unipdu Jombang tidak pernah sepi dari kegiatan kemahasiswaan, setelah diadakannya orientasi studi dan cinta almamater (oscar), pekan bahasa, dan visiting scholar pada minggu kemarin, hari ini kamis tanggal 20 Oktober 2016, diadakan orientasi kepramukaan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa baru khususnya prodi pendidikan menjadi anggota resmi pramuka penegak pandega, serta penerimaan tamu racana.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dewan Racana Gugus Depan As’ad Umar/Khumairoh 15.121-15122, pangkalan Universitas Pesntren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang, bertempat di Plaza Kampus Utama Unipdu, yang diikuti oleh 250 mahasiswa dari 4 (empat) prodi pendidikan di lingkungan unipdu, yaitu: Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Pendidikan Guru Mi, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Dan Prodi Pendidikan Matematika.

Didalam acara orientasi ini banyak sekali kegiatan diantaranya yaitu upacara pembukaan, yang dihadiri oleh majelis pembina dan ketua gugus depan, renungan malam, bimbingan mental, pentas seni, api unggun, senam, ada juga outbond. Dilanjutkan peresmian penerimaan tamu racana untuk mengikuti kegiatan kepramukaan dan menjadi anggota penegak pandega di pangkalan gugus depan 15.121-15.122 Unipdu Jombang

Dalam upacara pembukaan sekretaris gugus depan bapak Bakri Ilyas, M.Pd. memberikan pesan agar mahasiswa baru khususnya prodi pendidikan, agar dapat beradaptasi dengan lingkungan dan tidak melupakan kegiatan Pramuka, harus memiliki jiwa kepramukaan dengan mengimplimentasikan jiwa ukwuah yaitu hubungan manusia dengan Allah, hubungan sesama manusia, dan hubungan manusia dengan lingkungan, serta menanamkan jiwa kepramukaan yang akademis, produktif, kreatif dan inovatif. “Jadikan pramuka sebagai kegiatan yang menyenangkan”, pesan tegas beliau.

Hal-hal yang menarik saat orientasi salah satunya yaitu saat renungan malam. Banyak dari mahasiswa yang dulunya menjadi anggota pramuka, ikut serta dalam memberikan pesan dan kesan yang cukup baik dengan tujuan agar mahasiswa baru tidak bersikap apatis dan menjadi lebih mandiri. Para peserta juga disuruh membayangkan bagaiman kerja keras orang tua mereka untuk mensukseskan anak-anaknya dalam perkuliahan, sampai-sampai banyak dari peserta yang menitikkan air mata dan menangis.

Harapan dan kritik yang disampaikan dari pangkalan gusgus depan As’ad Umar Khomairoh, yaitu jika ada kegiatan kepramukaan diharapkan saat rapat harus di bahas dan diselesaikan secara matang, agar pelaksanaan kegiatan kepramukaan menjadi lebih baik dan teratur sesuai dengan konsep yang dibicarakan. Sehingga diharapkan acara serupa di tahun mendatang menjadi lebih baik dan sistematis. parjugE