0321 876771

PEKAN BAHASA DAN BUDAYA KE-III

By: Admin | Posted on: 2016-10-25 | Kunjungan : 329

FBS Unipdu. Tidak terasa pekan bahasa dan budaya Unipdu yang diselenggarakan oleh fakultas bahasa dan sastra telah memasuki tahun yang ketiga. Acara ini memang agenda rutin tahunan program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FBS), yang dimulai sejak hari sabtu (22/08/2016) hingga hari senin (24/08/2016). Seperti biasanya pekan bahasa dan budaya ditepatkan di bulan bahasa. Acara ini bertujuan sebagai ajang promosi kampus serta fakultas, baik bahasa Inggris dan juga bahasa Jepang.

Untuk tahun ini mengusung tema “Membumikan Budaya Pesantren Untuk Karakter Bangsa”. Hal tersebut karena memang dunia pesantren penuh dengan keberagaman budaya, terlebih sangat terbuka sekali dengan bahasa Inggris ataupun bahasa Jepang seperti tutur Imam Khoiri Fadli.  Pekan bahasa dan sastra sebelumnya juga telah dihadiri oleh seniman nasional Mbah Sujiwo Tejo bersama bukunya yang terbaru Serat Tripama ( gugur cinta di Maespati).  

Perlombaan yang diadakan pada tahun ini sangat beragam. Seperti  News anchor, spelling bee untuk yang berbahasa Inggris dan olimpiade bahasa Jepang dengan lomba kakikikitori (listening in Japanese) untuk lomba bahasa Jepang. Menurut dekan Fakultas Bahasa dan Sastra H. Achmad Fanani, M.Pd, bahwa juri perlombaan kali ini sangat spesial, karena berasal dari luar negeri. Seperti Mr. Taylor dari Amerika Serikat dan Mr. Faishel dari India. 

 Tidak hanya itu saja fakultas bahasa dan sastra juga menghadirkan seminar pendidikan dan Aksi pertunjukan. Spesial Guest yang akan datang adalah Ma’mun Affany seorang novelis ternama. Nantinya hadir dalam lauching sekaligus bedah novel “Satu jodoh dua istikhoroh” dikampus unipdu.

Kegiatan ini tentunya masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami mengharap kritik dan saran agar kegiatan seperti ini lebih baik dan inovatif dimasa yang akan datang. Selanjutnya semoga kegiatan ini memberikan motivasi dan nilai lebih bagi generasi bangsa khususnya mahasiswa Fakultas Bahasa Dan Sastra Unipdu untuk memelihara budaya dan sastra serta melestarikannya dalam kehidupan sehari-hari. (RAM)