0321 876771

Orientasi Studi dan Cinta Almamater (OSCAR)

By: Admin | Posted on: 2016-10-12 | Kunjungan : 449

Masa orientasi (perkenalan kampus) bagi mahasiswa baru, kerap menjadi ajang untuk memperolok para junior dengan memberikan beragam tugas aneh. Perpeloncoan seolah-olah menjadi hal wajib untuk membina mental, sehingga kerap menciptakan aksi kekerasan. namun hal ini tidak terjadi di kampus kami yang penuh cinta, dari nama kegiatannya saja sudah menunjukkan bahwa orientasi dikampus unipdu dilaksanakan dengan penuh kasih sayang, bahkan nama OSCAR (orientasi studi dan cinta almamater) menjadi nama kegiatan masa oreintasi mahasiswa baru satu-satunya di Indonesia.

Tepatnya pada hari rabu tanggal 7 september 2016, oscar dibuka secara resmi oleh wakil Rektor Bid. Keuangan dan Umum Bapak Dr. dr. HM. Zulfikar As’ad, MMR. Dalam sambutannya beliau mengharap kegiatan ini berjalan sesuai dengan visi Unipdu, “menjadi universitas yang unggul dalam intelektualitas dan akhlakul karimah”, tidak bertentangan dengan kaidah-kaidah akademis dan kepesantrenan, mengutamakan akhlak karimah. Sehingga tujuan pembentukan karakter sejak awal dapat diterapkan dengan baik, bahkan beliau melarang adanya kekerasan, perpeloncoan yang tidak sesuai dengan perilaku seorang santri yang melanggar norma dan kaidah-kaidah pesantren. Beliau juga mengatakan bahwa panitia oscar melaksanakan dengan penuh disiplin, tegas tapi bukan keras.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa baru sebanyak 577 orang, dari berbagai fakultas dilingkungan unipdu yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia tegas disampaikan oleh ketua panitia dalam laporannya. Masa orientasi ini dilaksanakan selama 6 (lima) hari dengan rincian; 1 (satu) hari pra oscar, 2 (dua) hari penyampaian materi Universitas, 2 (dua) hari penyampaian materi fakultas dan 1 (satu) hari penutupan (pentas seni dan inagurasi). Dengan harapan mahasiswa baru (peserta oscar) dapat mengikuti kegiatan orientasi ini dari pra oscar sampai hari terahir dengan penuh disiplin, mentaati peraturan dan menjalankannya dengan penuh keikhlasan serta penuh kesadaran.

Oscar tahun ini jauh lebih baik dari tahun kemarin, dilihat dari persiapan dan kesiapan semua panitia juga peserta, atribut yang digunakan oleh peserta  (mahasiswa baru) sangat elegance dan berwibawa dengan jas hitam tidak tanpak sama sekali hal-hal yang mengacu pada perpeloncoan. Hal ini menjadi bukti sejarah bahwa oscar di kampus unipdu dilaksnakan dengan penuh kasih sayang, disiplin dan bertanggung jawab, saling menghargai antara mahasiswa baru dengan panitia pelaksana.

Selamat dan sukses buat mahasiswa baru unipdu semoga lancar dalam menimba ilmu di kampus tercinta unipdu...amien ya Rabb. (adm/parjugE).