0321 876771

MKA Bisnis Mandiri Bekali Mahasiswa Dengan Ilmu Bisnis Praktis

By: Admin | Posted on: 2013-12-05 | Kunjungan : 728

MKA Bisnis Mandiri Bekali Mahasiswa Dengan Ilmu Bisnis Praktis

Oleh Ifada Ziky Ilahia

 

Bisnis mandiri adalah salah satu MKA (Mata Kuliah Alternatif) yang ada Unipdu (Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum). MKA ini terdiri tiga dari mata kuliah yaitu bisnis kreatif (kuliner), bisnis jasa pendidikan dan bisnis jasa periklanan yang diadakan pada hari Sabtu-Ahad. Kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa yang ingin terjun di usaha bisnis mandiri.

 

MKA yang diikuti oleh 39 mahasiswa lintas fakultas ini membekali mahasiswa untuk belajar berbagai bisnis praktis seperti usaha kuliner, lembaga pendidikan non-formal, dan periklanan (promosi).

 

            Achmad Fanani, selaku koordinator penanggung jawab MKA bisnis mandiri menjelaskan tentang pentingnya MKA bisnis kuliner karena merupakan bisnis yang sangat menjajikan. “Setiap orang butuh makan, apalagi santri pondok, mereka kan gak bisa masak, jadi pasti beli,” tambahnya saat diwawancarai.

 

            Dosen yang menjabat sebagai Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra ini juga menuturkan bahwa ketrampilan mahasiswa dalam berbisnis akan dibuktikan dalam beberapa bazar MKA, yang salah satunya telah diadakan pada 17 November 2013. Dalam acara tersebut, usaha mereka diuji dan dinilai sampai sejauh mana kemampuan mereka dalam memproduksi, mempromosikan, dan menjual produk-produk mereka.

 

 

            Kuliah yang berlangsung selama dua hari dalam seminggu ini diakui Nurdin, mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra sem. 7 sebagai kuliah yang penuh manfaat. “MKA bisnis mandiri ini mempunyai prospek yang besar bagi mahasiswa yang ingin terjun dalam usaha bisnis mandiri”. Selain itu mahasiwa asal banten ini juga menceritakan, “Dari kuliah tersebut kita juga bisa mengenal mahasiswa dari fakultas lain seperti FAI dan FT yang juga mengikuti MKA ini yang tentunya bisa menambah link dalam pemasaran produk.”