0321 876771

Mahasiswa Unipdu Bertarung dalam Ajang EDUCODE 2015

By: Admin | Posted on: 2016-02-01 | Kunjungan : 858

 

Untuk pertama kalinya kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) menggelar ajang cipta aplikasi IT (hackthon) untuk bidang pendidikan. Ajang ini bernama EDUCODE yaitu membuat sebuah aplikasi berbasis IT di bidang pendidikan dalam waktu 24 jam.

Menurut jadwal pelaksanaan EDUCODE, pergelaran ini akan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu hari Sabtu - Minggu tanggal 12 - 13 Desember 2015 yang bertempat di Plaza Insan Berprestasi Kemdikbud Jakarta.

Dalam ajang ini yang langsung dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan, Phd. Beliau mengatakan "Teman-teman kumpul di sini (Educode) untuk membangun platform agar ekosistem pendidikan hidup. You are making a history. Saya tunggu hasil teman-teman. Silakan bekerja menuangkan seluruh inovasi, gagasan dan terobosan,".

Ketua pelaksana yang sekaligus Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Kebudayaan (Pustekkomdikbud) Aris Santoso, mengatakan tujuan Educode adalah mendorong partisipasi dan kontribusi publik di bidang pendidikan melalui penciptaan solusi berbasis IT. "Visi Educode adalah mempertemukan supply & demand antara pembuat kebijakan (Kemendikbud), inovasi dari komunitas dan pengembang, guna menghasilkan solusi yang berguna bagi masyarakat?.

Kegiatan EDUCODE ini diikuti oleh 236 orang dari berbagai wilayah di Indonesia dan berbagai tingkat profesi dan pendidikan, baik dari siswa SMK, mahasiswa perguruan tinggi, perusahaan dan masyarakat Umum.

Salah satu perwakilan dari kalangan mahasiswa perguruan tinggi adalah mahasiswa dari Unipdu Jombang, mereka terdiri dari Miftahul Huda, Bimbi Wahyu Utomo, dan Dwi Maulana Afandi yang kesemuanya berasal dari Fakultas Teknik Prodi Sistem Informasi, mereka akan berjuang dengan lebih dari 200 peserta terdaftar.

 

Miftahul Huda sebagai ketua kelompok mengatakan, mereka sangat bahagia mewakili Unipdu Jombang dalam ajang pengembangan IT untuk dunia pendidikan yang diselenggarakan Kemdikbud, yang sebelumnya juga mereka telah wakili Unipdu Jombang dalam ajang HACKTHON dalam peringatan hari Sumpah Pemuda yang diselenggarakan oleh Telkom Indonesia beberapa waktu yang lalu. (NB).