0321 876771

Jelang Rakornas LKNU di Unipdu

By: Admin | Posted on: 2012-04-11 | Kunjungan : 1677

Jombang - Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang kembali mendapat kehormatan menjadi tuan rumah perhelatan akbar, setelah sukses menggelar Seminar Nasional dengan Kementerian Luar Negeri pada 2011 lalu dan dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara Try Out MTQ Nasional Kafilah Jawa Timur bulan pada Maret lalu, kali ini kegiatan bertaraf nasional yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Nahdhatul 'Ulama (PBNU) pun dipercayakan kepada Unipdu.

Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Nasional (RAKORNAS) Lembaga Kesehatan Nahdhatul 'Ulama (LKNU) akan dihelat di Unipdu Jombang pada 13 sampai 15 April mendatang. RAKORNAS LKNU ini merupakan kegiatan bertaraf nasional yang pertama kali diselenggarakan oleh PBNU, Dr. H. M. Zulfikar As'ad, M.MR Ketua Panitia mengatakan bahwa kegiatan ini direncanakan akan diselenggarakan setiap satu tahun sekali. Zulfikar menambahkan bahwa sedianya RAKORNAS perdana ini akan diselenggarakan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, namun dengan berbagai pertimbangan dan kelayakan Unipdu dipercaya menjadi tuan rumah RAKORNAS LKNU tahun ini. "Unipdu dinilai layak dan memiliki kredibilitas sebagai perguruan tinggi berbasis ASWAJA yang memiliki kapabilitas untuk menjadi tuan rumah event nasional" tambah Zulfikar.

 

RAKORNAS LKNU diagendakan akan dibuka oleh Menteri Kesehatan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan secara berturut-turut di hari yang berbeda, sebagai kegiatan pembuka akan diselenggarakan Rapat Pleno yang akan dibuka oleh Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih dan dilanjutkan dengan materi pertama oleh Wakil Menteri Kesehatan. Dihari kedua Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. H. M. Nuh, DEA akan menyampaikan materi terkait dengan Pendidikan Kesehatan, dihari yang sama Ketua Umum PBNU, Dr. H. Said Agil Siraj akan memberikan penyegaran kepada peserta RAKORNAS dengan materi peran aktif NU dalam memajukan taraf kesehatan masyarakat.

Tidak hanya Rapat dan Seminar Pleno, dalam RAKORNAS ini juga akan diselenggarakan rapat Komisi guna memberikan rekomendasi kepada pemangku kebijakan di bidang kesehatan, Rapat Komisi akan dibagi menjadi 3 bagian: Komisi Rumah Sakit, Komisi Perguruan Tinggi Kesehatan dan Komisi Pelayanan Kesehatan.

Disamping RAKORNAS, panitia juga menyelenggarakan pameran yang bertajuk LKNU EXPO: Pameran Potensi LKNU dan Produk Unggulan, yang diselenggarakan selama RAKORNAS di halaman Graha Unipdu dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Koordinator LKNU Expo, Abdullah Rikza, M.Pd.I mengatakan bahwa peserta LKNU EXPO yang terdaftar sebanyak 10 Perusahaan Besar, 15 Lembaga Pendidikan dan Kesehatan serta 24 Produk UMKM se Jawa Timur. Hingga berita ini diturunkan pihaknya masih mengupayakan stan tambahan untuk yang masih berminat mendaftar sebagai peserta pameran. (DA)