0321 876771

DOSEN UNIPDU RAIH DOKTOR

By: Admin | Posted on: 2016-10-19 | Kunjungan : 217

Surabaya,- Dengan keberhasilan H. Ali Muhsin, M.Pd.I. mempertahankan disertasinya yang berjudul “Resolusi dan  Manajemen Konflik di Instusi Pendidikan Islam”  awal Oktober lalu, kini telah bertambah satu doktor lagi dalam jajaran dosen Unipdu.

Para penguji yang   terdiri dari Prof. Dr. H. Husein Aziz, M.Ag., Prof.  Dr. Prof. Dr. H. Ahmad Zahro, MA., Prof. Dr. H.M. Ridwan Nasir, M.A, prof. Dr. H. Ahmad Fathoni, M.Ag., Dr. Hj. Hanun Asroha, M.Ag. setelah melalui prosesi pengujian yang berlangsung hampir 4 jam di Kampus Pascasarjana UINSA, sepakat memutuskan bahwa karya ilmiah tersebut mendapat predikat pujian (cum laude).

Menurut Prof. DR. Abd. Haris MAg, pada sambutan penutupnya, kesediaan dia sebagai  promotor gus Ali –sapaan akrab Ali Muhsin-, karena dia melihat topik disertasi ini unik. “Bahkan saya berani mengatakan jika disertasi ini adalah kelas dunia, karena meski obyeknya kecil namun topik yang diangkat sesungguhnya merupakan fakta-fakta yang selalu tampak pada lembaga  pendidikan Islam, khususnya pesantren, akan tetapi jarang sekali disentuh oleh para pemerhati pendidikan Islam dengan alasan-alasan yang non ilmiah” ungkapnya.

Sementara itu, ditemui di tempat yang sama, H.M. Za’imuddin As’ad, (Katua YAPETIDU) merasa sukur dan bangga atas predikat yang diraih Wakil Dekan FAI itu. Alhamdulillah, sudah saatnya pesantren menjadi obyek kajian ilmiah, agar dunia tahu keunikan pendidikan Islam yang diselenggarakan pesantren. “Apa yang dilakukan sdr Ali Muhsin sekaligus sebagai upaya mengangkat citra pesantren di kancah intelektual akademis” tuturnya

Keseharian suami Niswah Qonita As’ad ini, selain sebagai pengasuh asrama Muzamzamah-Chosiah PP. Darul’Ulum, juga aktif menjadi muballigh pada majeleis-majelis ta’lim di masyarakat.

Beberapa Karya Tulis Ilmiah dan Penelitian buah karya bapak tiga anak ini telah dipublikasikan sejak mengapdikan diri di Unipdu. Diantaranya: Pendidikan Agama dan Perspektif Moral Remaja dan KH. As’ad Umar: Pemikiran dan kiprahnya. Kedua karya tersebut dimuat dalam jurnal religi FAI unipdu. ham/mz