0321 876771

Diskusi Pendidikan dan Sosial Mahasiswa Unipdu dengan Delegasi USIPP

By: Admin | Posted on: 2013-06-13 | Kunjungan : 1028

 

 

 

Unipdu Jombang - Delegasi mahasiswa dalam program USIPP (United States-Indonesia Partnership Program) dalam rangka Immersive Intercultural Exchange in Indonesia and United States “Democratic Society and Religious Pluralism.”. Mereka merupakan utusan-utusan dari kampus-kampus ternama seperti : Michigan University (USA) Leigh University (USA), UGM Jogjakarta, UI Depok dan Unair Surabaya.

Delegasi yang dipimpin oleh Mrs. Stacy ini, mereka datang ke kampus Unipdu untuk saling bertukar pemikiran antara mahasiswa tentang pendidikan dan sosial kemasyarakatan, diskusi ini dilaksanakan di Ruang Meeting Room 1 Kampus Utama Unipdu Jombang. Acara berlangsung dengan berbagai diskusi dan pertanyaan-pertanyaan yang sangat menarik. Mulai dari sharing pertanyaan dari Amelia dari Michigan University yang menanyakan tentang bagaimana mahasiswa-mahasiswi membagi kegiatan perkuliahan dengan kehidupan di pondok pesantren. ?, kemudian dari Mrs. Stacy yang bertanya juga tentang bagaimana hasil kualitas lulusan mahasiswa unipdu yang notabennya berasal dari berbagai pelosok negeri dan ada juga mahasiswa non muslim ?. dan banyak juga bertanyaan dari delegasi yang lain.

Dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan secara serius tetapi juga santai tersebut mendapat banyak sekali respon yang bagus dari pimpinan maupun mahasiswa/ mahasiswi Unipdu. Dari inti pertanyaannya bahwa mahasiswa mampu membagi waktu dengan baik antara akademik dan kegiatan di pondok, bahkan mereka sangat senang dan sangat "krasan" dengan kehidupan di pondok. Sedangkan tanggapan dari pimpinan di Unipdu mengatakan bahwa kualitas lulusan di Unipdu dirancang sedemikian dengan berbagai mata kuliah yang kompetensi, serta tidak kalah penting adalah materi-materi tambahan baik untuk mata kuliah alternatif yang diharapkan seluruh mahasiswa mempunyai keahlian selain dari akademik yang diampunya, serta kemampuan dalam membaca penguasaan teknologi dengan adanya sertifikasi komputer, kemampuan bahasa inggris dengan sertifikasi TOEFL dan kemampuan agama (tahlil, istighozah dan hafalan surat-surat pilihan) dengan sertifikasi qu'an, yang semuanya itu dipersiapkan bagi mahasiswa/i unipdu dalam menghadapi globalisasi ini.

Acara kemudian berakhir tepat pada pukul 12.00 WIB, rombongan kemudian berjalan-jalan untuk melihat sekliling kampus unipdu dan sekitar pondok pesantren. (NB).