0321 876771

'Campus France' Masuk Unipdu Jombang

By: Admin | Posted on: 2012-10-23 | Kunjungan : 1254

altJombang (beritajatim.com) - Campus France Surabaya atau IFI (Institut Francais Indonesia) mengenalkan budaya Perancis ke Unipdu (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum) Jombang, Senin (22/10/2012). Harapannya, kalangan pesantren bisa lebih mengenal kebudayaan negeri tersebut. Mahasiswa Unipdu yang mengikuti kegiatan tersebut nampak antusias.

 

Kedatangan tim Campus France ini diwakili oleh Siska Martina, penanggung jawab IFI dan Irma Khusnulhotimah, penanggung jawab bidang pengajaran. Kedua orang ini bertemu langsung dengan mahasiswa Unipdu dan juga sejumlah dosen serta Rektor Ahmad Zahro.

Mereka kemudian memperkenalkan budaya Perancis. Mulai dari bahasa hingga sistem pendidikan di negeri fasyion tersebut. "Kami juga membuka peluang bea siswa bagi mahasiswa Unipdu yang ingin belajar ke Perancis. Syaratnya sangat mudah, yakni bisa berbahasa Perancis," Irma Khusnulhotimah, usai acara.

Lebih jauh, Irma juga menjelaskan tentang informasi penting dan prosedur mendaftar kuliah di Perancis. "Yang pasti banyak sekali keuntungan yang kita dapat saat belajar di Perancis. Namun sekali lagi, yang terpenting adalah kemampuan berbahasa Pernacis," tambahnya.

Hal senada juga dilontarkan Siska Martina. Menurutnya, IFI Surabaya sudah banyak melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi di Jawa Timur. Semisal, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Hang Tuah, serta Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran.

Bagaimana dengan di Jombang? "Untuk di Jombang kita pertama kali menjalin kerjasama dengan Unipdu. Kami berharap mahasiswa Unidu ada yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke Perancis, baik itu jenjang S-1 maupun S-2," ujar Siska berharap.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan KH Zulfikar As’ad atau Gus Ufik menyambut baik kerjasama tersebut. Manurutnya, melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi di kampus luar negeri, seperti Perancis adalah sesuatu yang penting. Apalagi, hal itu sesuai dengan semangat go international yang diusung Unipdu.

"Selain Perancis, kami juga sudah menjalin kerjasama dengan Amerika, Inggris, serta Australia. Bahkan, ada beberapa mahasiswa Unipdu yang saat ini menempuh studi di Australia. Kedepan, kami akan memenuhi tawaran dari Perancis itu," ujar Gus Ufik yang juga pengasuh Ponpes Darul Ulum Jombang ini. [suf/but][NB]

Sumber : beritajatim.com