0321 876771

BEM FBS Persembahkan Pekan Bahasa III

By: Admin | Posted on: 2016-11-16 | Kunjungan : 36

Menurut Walija (1996), bahasa ialah komunikasi yang paling lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan dan pendapat kepada orang lain. hal ini disepakati pula oleh ketua BEM fakultas Bahasa dan Sastra Unipdu bahwa bahasa merupakan alat komunikasi

"Bahasa adalah suatu alat untuk komunikasi. Maka dari itu sangat penting bagi mahasiswa FBS untuk merayakan bulan bahasa pada bulan Oktober Karena kita Fakultas Bahasa dan Sastra. Selain itu juga kita juga mengapresiasi sekali dengan bulan bahasa karena tanpa bahasa manusia akan sulit untuk berkomunikasi"ucap Maziyyatus Shalihah.

Adapun bentuk partisipasi dalam merayakan bulan bahasa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Bahasa dan Sastra Unipdu mengadakan kegiatan pekan budaya dan bahasa ke III, salah satunya lomba bahasa Inggris dan Lomba Bahasa Jepang pada tanggal 22 Oktober 2016 dengan jumlah peserta sekitar 139 siswa SMA se-derajat di berbagai daerah di jawa timur. Selain bertujuan untuk mempromosikan Unipdu, menurut Syarif selaku ketua panitia lomba ini  juga bertujuan sebagai alat untuk mengenalkan budaya yang berhubungan dengan dua bahasa yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.  Kategori yang dilombakan dalam bhs Jepang adalah olimpiade kakikikitori (listening in japanese) sedangkan dalam bahasa Inggris adalah spelling bee, dan news anchor (baca berita).  Adapun pemenang juara umum dalam lomba ini berhasil diraih oleh SMA Budi Utomo Jombang.

Menurut salah satu peserta dari delegasi SMA Budi Utomo Jombang dengan mengikuti lomba ini mereka merasa tertantang, karena mendatangkan langsung (native speaker) dari Amerika yakni Mr. Tyler dan Mr.Faishel dari India. Mereka juga mampu memaknai arti penting  bahasa Inggris sebagai alat komunikasi.  Menurutnya, dengan bahasa Inggris dapat menyebarkan ajaran Islam dimata dunia sebagai wujud amal jariyah,  dan pepatah mengatakan "jika ingin menguasai dunia ada dua hal yaitu menguasai bahasa Inggris dan belajar IT". (Osi/Ham)