0321 876771

Bekerja Kualitas, Belajar Prioritas

By: Admin | Posted on: 2013-12-23 | Kunjungan : 3121

Bekerja Kualitas, Belajar Prioritas….

oleh Mauliya Risalaturrohmah

 

  

 

           Rosyid begitulah dia akrab dipanggil. Lelaki yang bernama lengkap Achmad Rosid ini lahir pada tanggal 14 Mei 1993 di Temanggung Jawa Tengah. Mahasiswa berkulit sawo matang dan murah senyum ini adalah putra kedua dari pasangan bapak Lukman dan ibu Binti Zainiyah. Ia adalah salah satu mahasiswa berprestasi dari Fakultas Teknik (FT) Unipdu. Meskipun masih semester III, banyak teman-temannya, para dosen, bahkan dekan FT, Zainal Muttaqin, S.Kom, M.Kom, mengakui bahwa ia adalah salah satu mahasiswa yang sarat prestasi.

 

Diantara penghargaan yang pernah dia peroleh adalah dia pernah mendapatkan penghargaan sebagai mahasiswa yang aktif dalam Kuliah Perdana pada acara stadium general yang diberikan oleh Bapak DR. Agus Zainal Arifin, S.Kom, M.K Dekan ITS Fakultas Teknik. Selain itu, dalam beberapa acara seminar atau worksop yang pernah diikutinya, Rosyid hampir selalu mandapatkan penghargaan sebagai mahasiswa / peserta interaktif dan komunikatif. Berikut ini beberapa penghargaan yang pernah dia peroleh:

 

  • Penghargaan dalam seminar regional wirausaha diberikan Alim Markus (Presiden Direktur Maspion Group).
  • Penghargaan dalam seminar M-learning diberikan Guru Besar UI Jakarta Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc, MM
  • Asuransi jiwa dari Koperasi Mabadiku bintang sembilan diberikan oleh Bapak Irnanda ketua koperasi Mabadiku
  • Penghargaan dari Indosat diberikan dalam acara inovasi berwirausaha dengan Indosat
  • Penghargaan dari HIPSI (Himpunan Pengusaha Santri Indonesai )
  • Penghargaan dari U.S Conselate General Surabaya (Kongjen AS) dalam acara pelatihan Effective Public Speaking yang diberikan oleh International Toastmaster,Arlan Setiawan,  dalam kategori The first to practice effective Public Speaking.
  • Penghargaan dalam Pelatihan dan Pembinaan Mahasiswa (P2M) Unipdu bersama dengan Biro Kemahasiswaan
  • Undangan bergengsi delegasi mahasiswa dalam acara launching Pariwisata Syariah Indonesia bersama Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  • Beasiswa prestasi dari Unipdu

 

Sebelum menempuh pendidikan di Unipdu, Rosyid pernah mendapatkan Juara 1 Menulis essay tingkat provinsi JATENG dan DIY. Karena itu dia juga ingin mengembangkan kemampuan dan bakat menulisnya. Menurutnya semua yang sudah ia peroleh saat ini bukan semata-mata karena kepintaran, keaktifan, ataupun kepandaian pribadinya, namun berkat do’a restu kedua orang tua dan juga pemberian dari Allah SWT.

 

Selain kuliah, ia juga aktif mengikuti organisasi internal kampus, berwirausaha, dan mondok. Saat ini dia memiliki usaha toko boneka dan asesoris yang terbuat dari kain boneka di Peterongan Jombang. Dari usaha ini dia mampu menunjang biaya kuliah dan kebutuhan hariannya.

 

Dia berharap setelah lulus kuliah dia dapat mengimplementasikan keilmuan yang sudah ditempanya selama masa belajarnya, yakni bisa menjadi seorang Educator. Dalam hal ini Rosyid memiliki harapan besar untuk bisa membangun sebuah lembaga pendidikan di daerahnya. Selain itu, ia juga ingin menjadi Entrepreneurship yang dapat memberikan sumbangsih perekonomian untuk kemaslahatan ummat.

 

Dia bangga dengan Unipdu tempat dia belajar, namun dia juga berharap Unipdu bisa bangga dengan apa yang sudah dia raih.  “Semua kampus itu baik, tinggal bagaimana mahasiswa dalam berperan di dalamnya, karena saya tidak boleh hanya membanggakan instansi yang saya tempati, tetapi instansi yang saya tempati harus bangga juga terhadap keberadaan saya,” ujarnya.

(Red: Mauliya Rislaturrohmah, Mahasiswa FBS Unipdu)